5/25/2014

Makanan Penambah Darah Cepat dan Ampuh

Jenis makanan penambah darah ada banyak sekali, namun sesuai dengan kebutuhan dan kadarnya ada beberapa makanan yang memang secara cepat dapat menambah darah di tubuh. Kekurangan darah merah memang dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu dan tidak bersemangat. Kekurangan darah ini di kenal dengan penyakit anemia, bila kekurangan darah kronis tidak di atasi, tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan gejala dan efek yang mematikan.
Ada banyak cara untuk mengatasi kekurangan darah melalui asupan makanan sehat dan bergizi, mungkin di antaranya adalah makanan favorit anda. Biasanya jika hemoglobin atau sel darah merah sudah berkurang drastis, maka akan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah. Perlu diketahui mungkin makanan alami ini juga dapat menambah darah dengan cepat dan alami.
Makanan Penambah Darah
Makanan penambah darah ada begitu banyak sekali di dunia ini, berikut adalah beberapa asupan jenis penambah darah yang sangat penting dalam mengatasi anemia.
1. Daging
Sudah tentu jenis makanan ini sangat penting untuk menambah darah, kandungan daging dapat meningkatkan hemoglobin pada darah. Selain itu daging banyak mengandung lemak dan protein yang dibutuhkan tubuh manusia. Namun perlu diketahui dalam beberapa jenis daging mungkin kandungan lemaknya cukup tinggi. Hal ini mungkin berbahaya untuk fungsi jantung dan mungkin menyebabkan kolesterol, jadi konsumsilah daging untuk penambah darah secara bijak.
Beberapa jenis daging yang aman untuk penambah darah adalah seperti ikan dan ayam. Hindari daging olahan dan makanan kaleng sejenis karena mungkin mengandung zat aditif yang berbahaya.
2. Kuning Telur
Khasiat kuning telur memang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia, namun kuning telur ternyata merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan penambah darah secara cepat. Manfaat putih telur dan kuningnya memang berbeda, putih telur tekenal dengan kandungan proteinnya. Lain halnya dengan kuning telur yang mengandung vitamin, kolin, dan mineral yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.
3. Buah Buahan
Manfaat buah tidak hanya untuk program diet ternyata juga penting sebagai makanan penambah darah yang ampuh. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua buah dapat menambah darah, buah seperti apel, lemon, jeruk, dan melon merupakan beberapa buah yang dapat dikonsumsi. Selain zat besi yang dibutuhkan tubuh, selain itu kandungan gizi apel juga dipercaya dapat menambah sel darah merah di tubuh.
4. Sayuran
Sayuran adalah salah satu makanan penambah darah yang dapat membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Seperti halnya daging dan buah, tidak semua sayuran dapat dimanfaatkan untuk anemia ini. Beberapa sayuran yang mungkin bermanfaat untuk darah adalah lobak, kubis, brokoli, kacang merah, ubi, dan sawi. Ubi jalar merupakan salah satu sayuran terbaik karena dapat meningkatkan sel darah merah dengan cepat. Kandungan zat besinya dapat mengaktifkan sel sel darah merah dan meningkatkan oksigen dalam darah.
5. Kacang Almond
Memang terdapat beberapa jenis kacang yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Dalam kandungan 1 ons kacang almond dapat memenuhi 6 % zat besi dalam tubuh manusia.
6. Bawang putih
Bawang putih sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan menunjang pola hidup sehat manusia. Bawang putih memiliki banyak kegunaan dan salah satunya adalah itu membersihkan darah dan membantu mencegah plak dalam darah. Bawang ini juga dapat melancarkan peredaran darah merah dalam tubuh.
7. Gandum
Gandum merupakan salah satu jenis makanan penambah darah, selain itu gandum juga makanan sehat untuk diet yang aman untuk di konsumsi oleh setiap orang. Gandum dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi yang ada didalam tubuh manusia.

Tips Mengkonsumsi Makanan Penambah Darah

Tips mengkonsumsi makanan penambah darah ini diperlukan bagi anda yang memang kesulitan dalam memilih berbagai jenis makanan ini. Namun perlu diketahui dari berbagai jenis makanan ini didalamnya terdapat ratusan nama makanan yang baik untuk darah. Seperti sayuran, ada ratusan jenis sayur yang dapat anda konsumsi.
Dari jenis daging, sebenarnya ada sangat banyak yang baik untuk darah, seperti daging sapi, ayam, ikan, dan daging kambing. Namun dalam mengkonsumsi semua ini anda harus memperhatikan kondisi tubuh lainnya seperti jantung dan kolesterol. Jika anda mengidap penyakit lain, ada baiknya anda berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai kekurangan darah atau anemia yang anda alami.

0 komentar:

Posting Komentar